Wednesday, October 24, 2012

Panduan SEO tentang Meta Tag


Mengenal dan memahami arti Tag, Meta Tag, Meta Tag Description, dan Meta Tag Keyword yang ada di blog atao website.

Pada postingan sebelumnya saya membahas tentang Understanding Meta Tags and Functions (dalam bahasa inggris), kali ini saya akan membahasnya ke dalam versi bahasa Indonesia.



Pengertian Tag
Tag adalah suatu kata atau kalimat perintah yang diolah didalam dokumen HTML. Hampir sama dengan kategori, tag digunakan untuk mengklarifikasikan sebuah artikel ataupun konten dalam sebuah situs. Tag bersifat lebih fleksibel dibanding kategori dan biasanya digunakan dengan cara yang lebih spesifik sebagai suatu keyword atau kata kunci suatu halaman tertentu di website atau blog. Satu halaman artikel atau postingan biasanya diberikan satu kategori besar dan banyak Tag didalamnya.

Pengertian Meta Tag
Meta Tag adalah kode-kode HTML yang ada di bagian halaman sebuah situs/web/blog. Tidak seperti Tag HTML yang lain, meta tag tidak muncul di halaman posting atau halaman web, sehingga kebanyakan pengunjung tidak pernah melihatnya.

Meta tag yang berbeda memiliki fungsi yang berbeda, namun secara umum semuanya digunakan untuk memberikan informasi tambahan mengenai kondisi sebuah halaman situs kepada robot di mesin pencari.

Nah dari dua penjelasan diatas saya kutip dari http://3brothers-cs.blogspot.com/2012/10/understanding-meta-tags-and-functions.html, serta sedikit tambahan dari blog ini maka saya ambil kesimpulan sebagai berikut:


Meta Tags Description
Meta Tags Description adalah perintah dalam bentuk kode HTML didalam template blog/web yang berada di tiap-tiap halamannya. Fungsi dari Meta Tag Description ini adalah untuk menyampaikan ringkasan informasi dari suatu judul halaman posting kepada mesin pencari dimana ringkasan tersebut akan hanya tampil pada halaman index pencarian. Misalnya hasil pencarian dari Google, Yahoo, Bing dan mesin pencari lainnya sehingga dapat dipahami oleh user yang sedang mencari judul artikel tersebut dan relevan dengan yang mereka cari.

Meta Tag Keyword
Yang dimaksud dengan Meta Tag Keyword adalah kata kunci-kata kunci yang mewakili judul dan deskripsi halaman posting yang sedang dicari melalui mesin pencari di internet dan apabila keyword atau kata kunci sesuai dengan judul dan deskripsi posting anda, maka judul artikel andalah yang muncul didalam idex pencarian. Keyword dalam arti sama dengan Tag.

Dalam kaitannya dalam Search Engine Optimization (SEO), Google lebih mengandalkan meta tags description. Sementara pada Yahoo lebih mengandalkan tag atau keyword.

Hanya segitu saja yang dapat saya jelaskan pada saat ini tentang apa itu meta tag dan apabila ada kesalahan diharapkan sekali koreksinya dari para Master SEO.

<<<(Terima kasih semoga bermanfaat)>>>

No comments:

Post a Comment